Tanggal 30 September 2013
Tentang: Public Relation di Industri (From PR to Corporate
Communication)
Pembicara: Wijaya Laksana
Peran komunikasi di perusahaan
Perusahaan
→ Fungsi Komunikasi→ Lingkungan
Kita
hidup dalam sebuah era yang sophisticated dalam tema komunikasi. Informasi bergerak
cepat dengan adanya kemajuanteknologi komunikasi. Publik lebih peka
terhadap pendekatan yang dilakukan organisasi, lebih skeptis dan lebih
terdidik untuk menyikapi keberadaan
organisasi. Kemasan informasi lebih
indah dan terkadang membuat kita lupa dengan isi informasinya.Organisasi
dewasa ini lebih kompleks, karena itu harus menguasai aktivitas komunikasi
yang lebih dinamis.
Komunikasi Korporasi
Komunikasi
korporasi adalah keseluruhan kegiatan komunikasi yang dihasilkan oleh
organisasi perusahaan untuk
mencapai tujuan yang sudah direncanakan. (PeterJackson)
Komunikasi
korporasi pada hemat saya adalah sebuah kerangka yang digunakan oleh para
spesialis komunikasi (komunikasi
pemasaran, organisasi, dan manajemen)mengintegrasikan keseluruhan pesan organisasi,
sehingga dengan
begitu membantu membentuk citra organisasi sebagai alat untuk
memperbaiki kinerja perusahaan. (CeesB.M. van Lier)
Komunikasi
Korporasi adalah prosesfasilitasi informasi dan pertukaran pengetahuan diantara
kelompok internalmaupun eksternal dan individu yang mempunyai hubungan
langsung dengan sebuah
perusahaan. Dalam
komunikasi korporasi, yang menjadi
objek
adalah perusahaan itu sendiri.
Dimana
didalamnya juga terdapat unsur
public relations, community relations,
dsb. Tujuan
dari komunikasi korporasi adalah
membangun
reputasi.
Corporate Communication
Corporate
Communication dapat diartikan sebagai suara korporasi dancitra yang
diproyeksikannya kepada berbagai khalayak atau konstituennya
Fungsi
Corporate Communication (Argenti, 2002) :
–
Corporate Image dan Identity
–
Corporate Advertising dan Advokasi
–
Media Relations
–
Marketing Communications
–
Financial Communications
–
Philanthropy dan Corporate Social Responsibility
–
Government Relations
–
Crisis Management
Public Relations
Public
Relations adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk
memperoleh goodwill (kemauan
baik)
dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas. Ke
dalam mengadakan analisis danperbaikan diri sendiri, sedangkan keluar
memberikan pernyataan-pernyataan.
PR
sebagai interpreter publik, dalam hal ini bertujuanuntuk menemukan apa
yang benar-benar publik pikirkantentang organisasi/perusahaan agar manajemen
dengansegera dapat mengetahuinya atau PR bekerja gunamengantisipasi secara
benar perasaan publiknya.
Humas
Sebagai Fungsi Manajemen
•
Mengkoordinasikan unsur sumber daya perusahaan.
•
Mengelola arus informasi perusahaan baik untuk publikinternal maupun eksternal,
antara lain dengan selalumemberikan informasi yang bertanggung jawab kepadapublik
perusahaan.
•
Menjaga hubungan yang harmonis antar stakeholder.
•
Memberikan masukan kepada manajemen untukmembantu proses pengambilan
keputusan.Intinya, fungsi Humas yang utama tetap membantumanajemen dalam
mencapai tujuanorganisasi/perusahaan.
Corporate Social
Responsibility
Phillip
Kotler mengungkapkan CSR sebagai komitmen untuk memperbaikikehidupan komunitas
melalui praktik bisnis yang baik dan kontribusi sumber dayaperusahaan (Kotler
& Lee, 2005).
World
Business Council for Sustainable Development menjelaskan
CSR sebagaikomitmen dunia bisnis untuk memberikan kontribusi terhadap
pengembanganekonomi yang berkelanjutan, bekerja dengan karyawan mereka dan
keluarganya,komunitas lokal dan masyarakat pada umumnya untuk memperbaiki
kualitas hidupmereka (Kottler & Lee, 2005).
Sedangkan
menurut panduan ISO:26000 mengenai Corporate Social Responsibility,CSR
adalah :Responsibility of an organization for the impacts of its decisions
and activities on society andthe environment, through transparent and ethical
behavious that contributes to sustainabledevelopment, health, and the welfare
of society; takes into account the expectations ofstakeholders; is in
compliance with applicable law and consistent with international norms
ofbehavious; and is integrated throughout the organization and practiced in its
relationships.
Realitas dan Persepsi
PR Industri
•
Merekrut ‘orang’ komunikasi mahal -> no experience, nounderstanding about
the industry
•
Lebih mudah mendidik orang industri untuk belajarkomunikasi daripada sebaliknya
•
‘orang’ komunikasi harus mempunyai kemampuan planning dan
executing yang kuat bila ingin mendapatpengakuan karena ‘orang’ industri
cenderung pragmatis
•
‘orang’ komunikasi bisa melakukan self-promotion/self-branding dengan menawarkan
konsep-konsep komunikasi
di perusahaan/industri
•
Dibutuhkan kemampuan komunikasi antar budaya yang kuat untuk bisa survive
di dunia industri
Kunci Sukses Menjadi PR
Berbagi
pengalaman:
–
PR dalam perusahaan industri sangat strategis
–
Belajar untuk serba tahu tapi bukan sok tahu
–
Bangun relasi sosial yang baik
–
Kembangkan PR berdasarkan HRCBM (Humas Resources Competence
Based
Management)
No comments:
Post a Comment